Optimalisasi Peran Guru sebagai Evaluator Proses Pembelajaran

Oleh : Deny Ahmad Jaelani

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan kurang optimalnya para guru PAI dalam memahami peran utamanya sebagai evaluator dalam proses pembelajaran baik dari sisi perencanaan, pelaksanaan maupun monitoring/pengawasan sehingga berkontribusi negatif terhadap peningkatan mutu, baik di tinjau dari sisi proses maupun hasil belajar. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran tentang kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan monitoring evaluasi pembelajaran. Evaluasi pembelajaran adalah penilaian atau penaksiran terhadap pertumbuhan dan kemajuan peserta didik ke arah tujuan-tujuan yang telah di tetapkan dalam kurikulum dengan tujuan untuk mendapatkan data pembuktian yang akan mengukur sampai dimana tingkat kemampuan dan keberhasilan peserta didik dalam mencapai tujuan kurikuler atau pengajaran.

Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa para guru sudah memahami dengan baik tentang proses 1) Perencanaan evaluasi yang meliputi analisis kebutuhan, menentukan tujuan penilaian/evaluasi, mengidentifikasi kompetensi dan hasil belajar, menyusun kisi-kisi, mengembangkan draf, uji coba dan analisis soal, revisi dan merakit soal, 2) pelaksanaan evaluasi, yang meliputi pengembangan Tes dan Non-Tes, dan 3) Monitoring/Pengawasan evaluasi, yang meliputi kegiatan Pengolahan Data, Penafsiran Data, Pelaporan Hasil Evaluasi, Penggunaan Hasil Evaluasi.

Keywords : Optimalisasi, Peran Guru, Evaluator

Selengkapnya…

Scroll to Top
Scroll to Top